PPKN09 on Cooperative Learning

Matakuliah Pembelajaran PPKN Berbasis IT ditujukan agar para mahasiswa yang akan menjadi guru PKN di masa depan dapat memanfaatkan secara optimal teknologi TIK dalam pembelajaran. Yang utama dalam pembelajaran ini adalah membangun motivasi dan kesadaran mahasiswa untuk terus menerus belajar dan berkembang. Ilmu terus maju sehingga terkadang materi ajar cepat menjadi using. Yang terus dipelihara dan dikembangkan adalah kemampuan learning how to learn. Ini yang utama.

Pernyataan Toffler bahwa pada era sekarang keterampilan yang utama adalah learn, unlearn dan relearn. Ini sebah siklus untuk terus berkembang. Belajar akan sesuatu yang baru, melupakan apa yang sudah dipelajari karena telah using, dan belajar kembali untuk menjadi lebih baik. Konsep ini yang ditekankan dalam pembelajaran matakuliah ini. Sehingga mahasiswa diutamakan untuk memiliki pengalaman belajar yang baik.

Dalam perkuliahan ini berbagai metode pembelajaran kooperatif diterapkan dengan konten TIK. Materi yang diajarkan mengarah pada pemanfaatan Web 2.0 dalam pembelajaran. Project-project kecil dalam kelompok diselenggarakan. Hanya saja, pada aktivitas berikutnya perlu diarahkan agar menjadi aktivitas yang hands on dan contextual. Langsung menukik pada peran merak sebagai guru PKN. Ini yang menarik.

Pada setiap sesi selalu diawali dengan merefresh semangat dengan berbagai permainan sebagai ice breaker. Dan pada sesi akhir selalu dilakukan refleksi untuk melihat pesan dan kesan apa yang diperoleh melalui pembelajaran yang dilakukan. Memang ide ini sederhana. Namun dari hasil kuesioner yang melihat minat dan motivasi diperoleh hasil yang baik. Sebagai catatan, dosen ketika mengimplementasi ini lebih membutuhkan effort yang tinggi terutama dalam menyiapkan scenario dan juga memberikan penilaian dengan portofolio. Semangat terus untuk PPKN yang lebih baik. Hal ini berarti untuk masa depan bangsa yang lebih baik juga.

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: